Rabu, 15 Oktober 2008

Hardisk Notebook (laptop) Tidak Terdeteksi

Hardisk Notebook (laptop) Tidak Terdeteksi

Mungkin kasus seperti ini pernah anda alami, notebook anda tidak mendeteksi adanya hardisk yang terhubung ke notebook anda, jangan langsung anda berkesimpulan kalau hardisk anda rusak, bisa jadi itu merupakan kemungkinan terburuk terakhir yang resikonya adalah anda harus mengganti hardisk notebook anda.

Sebuah hardisk notebook baik itu yang Paralel ATA ataupun yang Serial ATA, kebanyakan terhubung langsung ke motherboard melalui sebuah slot. Sebuah notebook biasanya telah didesain semaksimal mungkin untuk mengurangi efek dari goncangan yang bisa menyebabkan bergesernya posisi slot yang menghubungkan antara hardisk dengan motherboard. Namun bukan suatu hal yang mustahil kejadian tersebut bisa terjadi, sedikit saja posisinya berubah bisa saja menyebabkan pin-pin pada hardisk tidak terkoneksi dengan baik dengan motherboard notebook anda.

Selain karena goncangan, bisa juga disebabkan oleh factor lain. Apabila notebook anda dipakai tentunya mengeluarkan efek panas karena kinerja yang dilakukan, efek panas ini lama kelamaan bisa menimbulkan kerak-kerak pada pin-pin slot hardisk, baik yang terdapat pada hardisknya sendiri ataupun pada motherboardnya.

Solusinya untuk mengatasi permasalahan tersebut, pertama anda harus tahu lebih dahulu posisi hardisk ada dimana, setelah itu cobalah buka dan lepaskan hardisk tersebut dari slotnya. Saran saya, karena anda belum tahu persis bagaimana posisi hardisk itu terpasang di motherboardnya, perhatikanlah dahulu dengan seksama bagaimana hardisk tersebut terhubung dengan motherboard, apakah ada pengunci atau semacam pengaman, karena akan sangat berbahaya jika anda asal tarik saja. Setelah hardisk terlepas dari slot di motherboardnya coba bersihkan slot yang terdapat pada motherboardnya juga hardisk dengan menggunakan cairan tiner atau contact cleaner, kemudian dikeringkan dengan menggunakan kain halus yang bersih. Pasang kembali hardisk anda dengan hati-hati dan cobalah nyalakan notebook anda.

Tidak ada komentar:

Bookmarks

Blogs and More - Plugboard My Zimbio

Add to Google Reader or Homepage

Add to Pageflakes

Add to Google Reader or Homepage

Subscribe in Bloglines

Add to Plusmo

Add to Technorati Favorites blogarama - the blog directory Display Pagerank DigNow.org Computer Blogs - BlogCatalog Blog Directory free counters Buy Reviews