Rabu, 15 Oktober 2008

Notebook (laptop) tiba-tiba mati sendiri

Laptop tiba-tiba mati sendiri????

Pada beberapa kasus yang dialami oleh beberapa pengguna notebook, sering terjadi notebook sedang dipakai tiba-tiba mati sendiri. Yang perlu anda perhatikan adalah apakah notebook anda tersebut mengalami overheat atau panas yang berlebihan. Kalau kasusnya memang notebook anda mengalami overheat ciri-ciri yang bisa anda lihat adalah sebelum notebook anda mati maka akan ada bunyi beep beberapa kali, kemudian notebook mati.

Hal-hal yang perlu anda lakukan pertama adalah cobalah cek apakah fan prosesor notebook anda bekerja dengan normal. Untuk mengecek fan prosesor pastikan dulu disebelah mana letak dari prosesor notebook anda, pada kebanyakan notebook letak prosesor ada disebelah kiri dari notebook anda, namun ada juga yang disebelah kanan, walaupun ini jarang karena kenyakan notebook yang prosesornya disebelah kanan maka pembuangan udara dari dalam akan kesebelah kanan dan ini akan sangat menganggu jika anda lebih suka menggunakan mouse eksternal karena akan tersa panas di tangan anda.

Untuk memastikan letak prosesor cobalah balik notebook anda, biasanya dibawah prosesor maka akan ada lubang-lubang yang mengalirkan udara keluar. Posisi fan biasanya bisa dilihat dari celah-celah lubang udara tersebut, sehingga kita bisa melihat apakah fan tersebut berputar atau tidak atau kita juga bisa meletakan tangan kita untuk merasakan apa ada aliran udara keluar atau tidak dari celah lubang tersebut.

Hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa rata-rata notebook baru sekarang fan tidak akan langsung otomatis berputar pada saat notebook dinyalakan, rata-rata bios notebook telah mengkonfugirasi pada suhu tertentu fan baru akan berputar, hal ini berkaitan dengan fungsi penghematan batteray pada notebook.

Apabila anda bisa memastikan kalau fan notebook anda tidak berputar, maka bisa dipastikan itulah kenapa notebook anda tiba-tiba mati, solusinya adalah dengan mengganti fan tersebut dengan yang baru. Selain masalah fan beberapa sebab lain yang bisa juga menjadi penyebab adalah tidak pas nya posisi heatsink prosesor, anda bisa coba dengan melepas kemudian memasangnya kembali. Bisa juga karena sirkulasi udara yang sudah tidak lancer, biasanya dialami oleh notebook-notebook yang sering dipakai di lapangan sehingga banyak debu yang masuk kedalam casing notebook dan mengganggu sirkulasi udara. Solusinya adalah dengan membersihkannya dengan kuas.

Saran terakhir saya, jika notebook anda masih dalam masa garansi, maka lebih baik anda bawa ke service resmi manufacture notebook anda tersebut.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

saya menggunakan lapto sony vaio cr353. sdh 2 tahun. sejak 5 bln terakhir laptop sy sering mati sendiri, tiba-tiba. biasanya mati setelah penggunaan lebih dari 30menit (kadang2 lebih lama). ketika dihidupkan kembali terjadi hal yang sama. krn merasa ini masalah overheating maka saya menggunakan bantuan kipas laptop eksternal, tp tetap saja mati. saya sudah membongkar laptop saya, dan tidak ada debu/kotoran di kipasnya. fan laptop saya menyala, namun rasanya lemah. apakah kipas laptop saya rusak? kalo rusak kenapa masih bs tetap menyala (hanya menjadi lemah)? mohon bantuannya...

Bookmarks

Blogs and More - Plugboard My Zimbio

Add to Google Reader or Homepage

Add to Pageflakes

Add to Google Reader or Homepage

Subscribe in Bloglines

Add to Plusmo

Add to Technorati Favorites blogarama - the blog directory Display Pagerank DigNow.org Computer Blogs - BlogCatalog Blog Directory free counters Buy Reviews